Skip to main content

Mikroskop

mikroskop
Pernakah anda melihat atau bahkan pernah menggunakan alat pada gambar di samping ini? Alat tersebut adalah mikroskop, sebuah alat bantu optik yang biasanya kita jumpai pada laboratorium-laboratorium penelitian. Dengan bantuan alat ini, peneliti dapat mengamati benda-benda renik (sangat kecil) atau microorganisme.

Mikroskop ini terdiri atas beberapa bagian, yang pertama yaitu bagian lensa yang merupakan bagian terpenting dalam alat bantu optik ini. Untuk lebih memahami bagian-bagian lensa pada mikroskop, berikut perhatikan flash animasi di bawah ini untuk lebih memahaminya (click pada lensa-lensa yang telah di nomori untuk mengetahui penjelasannya)



 

Bagian berikutnya dari mikroskop ini adalah bagian mekanik. Bagian ini meliputi pengatur fokus kasar, pengatur fokus halus, tubus dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya perhatikan animasi flash dia bawah ini tentang bagian-bagian mekanik mikroskop.

 

Sedangkan untuk mengamati suatu benda renik atau microorganisme pada mikroskop, dibutuhkan sebuah kaca khusus untuk meletakan sampel organisme atau benda-benda renik yang di sebut sebagai kaca preparat. Berikut ini kita akan bermain sedikit simulasi tentang cara kerja mikroskop ini. Perhatikan animasi flash player di bawah ini. 


 

Pada sisi kanan animasi diatas ada 3 macam kaca preparat yang sudah diisi sampel sel bawang merah, Paramaecium dan Amoeba. Pilih salah satu dengan meng-click kaca preparat dan perhatikan gambar hasil pembesaran mikroskop pada objek yang diteliti.

Pada bagian atas animasi ada tab menu preparat dan fokus objek, coba anda click pada menu tab fokus objek. Menu ini menjelaskan tentang penggunaan pengatur fokus kasar (lingkaran skrup besar pada sisi mikroskop) dan penggunaan fokus halus (lingkaran skrup kecil tepat disisi bawah pengatur fokus kasar). Arahkan kursor mouse Anda pada pengatur fokus tersebut dan cobalah di putar-putar hingga gambar penelitian objek mikroskop yang terletak di sebelah kanan semakin jelas sesuai dengan kemampuan visual anda.

Popular posts from this blog

Gunting Kuku

Siapa yang tidak kenal dengan gunting kuku? Gunting kuku merupakan alat yang dipergunakan untuk merapikan kuku yang ada pada jari-jari kita. Perawatan kuku dengan menggunakan gunting kuku ini dimaksudkan untuk merapikan kuku-kuku kita dan menjaga agar kuku tetap bersih dari kuman yang biasanya menempel pada sela-sela kuku dan kulit pada ujung jari. 

Bagaimanakah Cara Kerja Power Bank

Power Bank merupakan sebuah alat (tool) sederhana yang akhir-akhir ini lagi marak digunakan pada penggunaan smartphone dan gadget lainnya. Lalu bagaimanakah cara kerja Power Bank ini dan apa sajakah manfaatnya yang bisa dilakukan alat sederhana ini?
Apa itu Power Bank dan Apa Kegunaannya? Power bank merupakan alat portable sederhana yang terdiri dari baterai khusus yang dibungkus oleh casing khusus dan memiliki rangkain sirkuit khusus yang bisa digunakan untuk mengontrol aliran listrik (power flow).
Jika dilihat dari nama alat sederhana ini yaitu "Power Bank" maka kita sudah bisa sedikit menguraikan bagaimana alat ini bekerja. Seperti halnya sebuah Bank tempat kita menabung dimana kita dapat menyimpan dan menarik uang kita dari bank tersebut, akan tetapi pada power bank yang disimpan bukanlah uang melainkan energi listrik. Dengan menggunakan power bank ini, pengguna bisa menyimpan energi listrik pada alat portable ini yang kemudian nantinya dapat digunakan sewaktu-waktu untu…

Cetakan Cendol

Seperti namanya, alat ini digunakan untuk mencetak adonan cendol yang masih hangat menjadi butiran-butiran cendol. Cendol sendiri terbuat dari tepung beras yang dicetak menjadi butiran-butiran cendol dan disajikan sebagai minuman tradisional khas Indonesia.