Skip to main content

Bagaimanakah Cara Kerja Power Bank

Power Bank merupakan sebuah alat (tool) sederhana yang akhir-akhir ini lagi marak digunakan pada penggunaan smartphone dan gadget lainnya. Lalu bagaimanakah cara kerja Power Bank ini dan apa sajakah manfaatnya yang bisa dilakukan alat sederhana ini?


Apa itu Power Bank dan Apa Kegunaannya?

Power bank merupakan alat portable sederhana yang terdiri dari baterai khusus yang dibungkus oleh casing khusus dan memiliki rangkain sirkuit khusus yang bisa digunakan untuk mengontrol aliran listrik (power flow).

Jika dilihat dari nama alat sederhana ini yaitu "Power Bank" maka kita sudah bisa sedikit menguraikan bagaimana alat ini bekerja. Seperti halnya sebuah Bank tempat kita menabung dimana kita dapat menyimpan dan menarik uang kita dari bank tersebut, akan tetapi pada power bank yang disimpan bukanlah uang melainkan energi listrik. Dengan menggunakan power bank ini, pengguna bisa menyimpan energi listrik pada alat portable ini yang kemudian nantinya dapat digunakan sewaktu-waktu untuk mengisi gadget yang membutuhkan energi listrik ini.

Diagram sederhana power bank
Sebut saja beberapa alat seperti tablet, smartphone atau pemutar musik seperti mp4 player, ipod dan lain sebagainya. Terkadang pengguna gadget-gadget diatas tersebut tanpa sadar menghabiskan waktu yang cukup lama dengan gadget mereka sehingga ada saatnya dimana baterai dari gadget tersebut akan habis. Dengan adanya power bank ini, kita bisa melakukan pengisian ulang baterai gadget yang kita gunakan meskipun kita sedang jauh dari stopkontak listrik yang ada dirumah dikarenakan power ban memiliki fungsi untuk menyimpan listrik dan kemudian digunakan saat kita membutuhkan.

Power bank sendiri di beberapa negara dikenal juga dengan sebutan lain yaitu "power station (stasiun daya)" atau "battery bank".

Apa saja jenis Power Bank?

Terdapat tiga macam/jenis power bank yang saat ini beredar di pasaran, diantaranya;
  1. Universal Power Bank merupakan jenis power bank yang pertama yang paling banyak ditemukan di pasaran saat ini. Power bank ini hadir dengan berbagai ukuran dengan menyesuikan kebutuhan terhadap device/gadget yang Anda miliki. Selain itu, tipe power bank ini bisa dibilang cukup murah sesuai dengan budget yang anda miliki.
  2. Solar Power Bank, sedikit berbeda dengan tipe pertama diatas, pada solar power bank ini memilki kelebihan bisa merubah energi panas matahari menjadi energi listrik dengan penempatan beberapa panel surya pada alat portable ini. Sehingga untuk menampung listrik (bank) bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dijemur pada panas matahari atau di colokan ke stopkontak listrik. Karena memiliki kelebihan solar sistem (sistem pengisian menggunakan tenaga surya) maka alat ini bisa dibilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis yang pertama.
  3. Jenis terakhir yaitu jenis power bank yang menggunakan sistem baterai lama di dalamnya. Jenis power  bank ini sangat sedikit peminatnya dikarenakan banyak sekali keterbatasan yang bisa dilakukan power bank ini.


Popular posts from this blog

Cetakan Cendol

Seperti namanya, alat ini digunakan untuk mencetak adonan cendol yang masih hangat menjadi butiran-butiran cendol. Cendol sendiri terbuat dari tepung beras yang dicetak menjadi butiran-butiran cendol dan disajikan sebagai minuman tradisional khas Indonesia.

Gunting Kuku

Siapa yang tidak kenal dengan gunting kuku? Gunting kuku merupakan alat yang dipergunakan untuk merapikan kuku yang ada pada jari-jari kita. Perawatan kuku dengan menggunakan gunting kuku ini dimaksudkan untuk merapikan kuku-kuku kita dan menjaga agar kuku tetap bersih dari kuman yang biasanya menempel pada sela-sela kuku dan kulit pada ujung jari.