Skip to main content

Cetakan Cendol

Cetakan Cendol
Seperti namanya, alat ini digunakan untuk mencetak adonan cendol yang masih hangat menjadi butiran-butiran cendol. Cendol sendiri terbuat dari tepung beras yang dicetak menjadi butiran-butiran cendol dan disajikan sebagai minuman tradisional khas Indonesia.


Cara menggunakan alat ini sebagai berikut:
  • Tuangkan adonan cendol yang masih panas kedalam panci cetak ini.
  • Tekan cetakan perlahan sehingga cendol keluar dari bagian bawah yang berlubang.
  • Sesuaikan ukuran cendol dengan keinginan anda, gunakan pisau atau gagang sendok untuk menyesuaikan panjang pendeknya cendol dengan cara menggesekkan pada bagian bawah cetakan yang berlubang agar cendol terputus.
Saat mencetak cendol, bagian bawah cetakan/tempat yang digunakan untuk menampung cendol hasil cetakan agar diberi air yang dicampuri es batu, hal ini berfungsi untuk mendinginkan cendol yang masih panas sekaligus mengeraskan cendol agar cendol cendol tersebut tidak menyatu kembali.

Hasil cendol yang telah dicetak pada baskom berisi air dingin
Hasil cendol yang telah dicetak pada baskom berisi air dingin

Popular posts from this blog

Gunting Kuku

Siapa yang tidak kenal dengan gunting kuku? Gunting kuku merupakan alat yang dipergunakan untuk merapikan kuku yang ada pada jari-jari kita. Perawatan kuku dengan menggunakan gunting kuku ini dimaksudkan untuk merapikan kuku-kuku kita dan menjaga agar kuku tetap bersih dari kuman yang biasanya menempel pada sela-sela kuku dan kulit pada ujung jari. 

Bagaimanakah Cara Kerja Power Bank

Power Bank merupakan sebuah alat (tool) sederhana yang akhir-akhir ini lagi marak digunakan pada penggunaan smartphone dan gadget lainnya. Lalu bagaimanakah cara kerja Power Bank ini dan apa sajakah manfaatnya yang bisa dilakukan alat sederhana ini? Apa itu Power Bank dan Apa Kegunaannya? Power bank merupakan alat portable sederhana yang terdiri dari baterai khusus yang dibungkus oleh casing khusus dan memiliki rangkain sirkuit khusus yang bisa digunakan untuk mengontrol aliran listrik (power flow). Jika dilihat dari nama alat sederhana ini yaitu "Power Bank" maka kita sudah bisa sedikit menguraikan bagaimana alat ini bekerja. Seperti halnya sebuah Bank tempat kita menabung dimana kita dapat menyimpan dan menarik uang kita dari bank tersebut, akan tetapi pada power bank yang disimpan bukanlah uang melainkan energi listrik. Dengan menggunakan power bank ini, pengguna bisa menyimpan energi listrik pada alat portable ini yang kemudian nantinya dapat digunakan sewaktu